Sunday, June 24, 2018

Kecanggihan Kamera Generasi Mendatang, Mampu Menembus Tembok

Kamu mungkin sangat puas dengan teknologi kamera di telepon pintar terbarumu yang bisa mengenali wajahmu dan mengambil video gerak lambat dengan definisi ultra-tinggi. Padahal capaian-capaian teknologi ini baru awal dari sebuah revolusi besar yang sedang berlangsung  Domino99.
Riset kamera terakhir sedang bergeser dari peningkatan jumlah mega piksel menuju perpaduan data kamera dengan pemrosesan komputasi. Yang kami maksud di sini bukanlah gaya pemrosesan Photoshop, ketika efek dan filter ditambahkan pada sebuah gambar, melainkan sebuah pendekatan baru radikal saat data yang masuk bisa jadi sama sekali tidak tampak sebagai sebuah gambar. Data itu baru menjadi sebuah gambar setelah melalui serangkaian langkah komputasi yang sering kali melibatkan matematika yang kompleks dan pemodelan bagaimana cahaya bergerak melewati objek atau kamera.
Lapisan tambahan pemrosesan komputasi ini dengan ajaibnya membebaskan kita dari rangkaian teknik pencitraan konvensional. Suatu saat nanti mungkin kita bahkan tidak membutuhkan lagi kamera dalam pengertian konvensional. Kita justru akan menggunakan sesuatu yang beberapa tahun lalu tidak terpikirkan gunanya dalam pembuatan gambar: detektor cahaya. Dan detektor cahaya ini akan melakukan hal-hal luar biasa seperti melihat dengan menembus kabut, apa yang ada dalam tubuh manusia, bahkan di balik tembok.

No comments:

Post a Comment